Alun-alun Pelabuhan Ratu dengan background nya Masjid Agung Pelabuhan Ratu
Assalamualaikum wr.wb, 
       Selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan membahas mengenai sebuah tempat yang berada di daerah saya sendiri yaitu di kota Pelabuhanratu. bagi masyarakat Sukabumi tentu sudah tidak asing dengan nama Pelabuhanratu, ya Pelabuhanratu merupakan Ibukota dari Kabupaten Sukabumi. dan salah satu landmark di kota Pelabuhanratu selain Pantainya tentunya juga adalah alun-alunnya yang berada tepat di jantung kota Pelabuhanratu. seperti halnya kebanyakan alun-alun di daerah lain, alun-alun di kota Pelabuhan Ratu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di sekitar Pelabuhanratu atau pun dari daerah lain di Sukabumi untuk sekedar nongkrong ataupun berfoto bersama rekan-rekan dan sanak keluarga.Alun-alun Pelabuhanratu menjadi tempat favorit bagi anak-anak muda di Pelabuhanratu dan mereka sering berkumpul di alun-alun dengan berbagai kegiatan diantaranya Skateboard, Photographer, sepeda, dan lainnya sehingga ketika menjelang sore atau di hari libur alun-alun Pelabuhanratu selalu dipenuhi oleh masyarakat dengan berbagai bidang kegiatan.

Alun-alun merupakan pusat dari Kota Pelabuhanratu yang dicirikan oleh sebidang tanah yang luas. Di sekelilingnya ada bangunan-bangunan fungsional. Alun-alun ini terletak di Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu Kota, tepatnya berada di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, di sebelah timur Masjid Agung Pelabuhanratu.

Seperti halnya di kota-kota yang lainnya, Alun-alun Palabuhanratu juga memiliki pola-pola yang sama dengan alun-alun di tempat lain. Yang dimaksud pola tersebut adalah adanya masjid, pendopo, (tempat tinggal bupati) dan perkantoran. Selain itu, ciri umum alun-alun di kota-kota tua adalah sekelilingnya dibatasi oleh jalan. Di selatan Alun-alun Pelabuhanratu juga terdapat pendopo yang saat ini difungsikan menjadi rumah dinas Bupati. Pendopo sendiri sebenarnya aula tempat bupati melakukan pertemuan-pertemuan dengan para pejabat di bawahnya atau menerima tamu agung. Di barat Alu -alun Pelabuhanratu juga terdapat Masjid Agung Pelabuhanratu yang megah.