Bahaya daging Babi untuk kesehatan

Bahaya Daging Babi untuk Kesehatan
 
Assalamualaikum wr , wb, 
pada kesematan kali ini saya akan membahas mengenai hidangan yang terbuat dari bahan daging babi, yang ternyata selain Haram karena agama Islam melarang mengkonsumsinya tetapi juga daging babi memiliki bahaya yang cukup nyata bagi kesehatan, apa-apa saja kah bahaya daging babi untuk kesehatan jika kita konsumsi ? simak ulasannya berikut ini 

Penyakit Cacing Pita
Inilah salah satu penyakit yang menjadikan alasan mengapa daging berbahaya bagi kesehatan. Bahaya daging babi bagi kesehaatan yang pertama adalah dapat menyebabkan penyakit cacing pita. Cacing pita yang berasal dari daging babi masuk ke dalam tubuh dengan cara di konsumsi ini memang sangat berbahaya. Dimana dapat menguras nutrien dalam saluran pencernaan. Maka dengan begitu kebanyakan penderita akan mengalami kurang gizi dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

 Daging Babi merupakan penyebab utama kanker anus dan kolon
ini di negara-negara yang penduduknya memakan babi, meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia (seperti Cina dan India). Sementara di negara-negara Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1000. Itulah Beberapa alasan mengapa Allah Subhanahu wata’ala melarang kita Memakan daging babi.

Penyakit Radang Paru-Paru
Bahaya daging babi bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan peradagan paru-paru atau paragonimiasis. Penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh parasit yang terdapat dalam daging babi. Adapun jenis parasit tersebut bernama p. westermani dan pulpanoris yang memiliki potensi menyerang paru-paru dan menyebabkan peradangan yang cukup parah. Jika penyakit tersebt tidak ditangani dengan cepat maka akan berakibat pada kematian.


Penyakit Balantidiasis
Penyakit ini terjadi akibat karena parasit yang terdapat pada daging babi yaitu balantidium coli. Parasit ini adalah protozoa yang terdapat di dalam sekum dan usus besar babi yang berkembangbiak di saluran pencernaan. Parasit ini jika sudah masuk dalam tubuh manusia maka akan mengakibatkan disentri akut dan menurun pada organ vital manusia.

Babi adalah Tempat Penampung Penyakit
Beberapa bibit penyakit yang dibawa babi. Beberapa diantaranya seperti Cacing pita (Taenia solium), Cacing spiral (Trichinella spiralis), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing paru (Paragonimus pulmonaris), Cacing usus (Fasciolopsis buski), Cacing Schistosoma (japonicum), Bakteri Tuberculosis (TBC), Bakteri kolera (Salmonella choleraesuis), Bakteri Brucellosis suis, Virus cacar (Small pox), Virus kudis (Scabies), Parasit protozoa Balantidium coli, Parasit protozoa Toxoplasma gondii. Mengerikan!