ilustrasi Jin

Assalamualaikum wr, wb,
Allah SWT memang maha Adil, semua yang Allah ciptakan sesuai dengan jenis dan kodrat makhluk tersebut, baik malaikat, manusia, hewan dan tumbuhan bahkan setan dan jin sekalipun mempunyai kelebihan dan kekuarangan. Setan dan Jin kadang terlihat menakutkan bagi manusia karena mereka mempunyai kelebihan yang tidak dapat dilihat oleh mata dan dapat berubah menjadi beberapa bentuk, akan teteapi ternyata setan dan jin juga mempunyai kelemahan , berikut beberapa kelemahan setandan jin yang perlu kita tahu agar menjadi kekuatan kita agar kita tetap waspada .

Tidak bisa mengalahkan orang-orang Saleh . 
         Bukti bahwa jin tidak bisa mengalahkan orang saleh adalah dari perkataan jin dan setan itu sendiri ketika berdialog dengan Allah SWT dalam surah  Al-Hijr ayat 39-40 iblis berkata "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutus bahwa aku sesat , pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya , kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis diantara mereka." (Q.S Al-Hijr : 39-40).
Ahli tafsir mengatakan ayat tersebut menerangkan bahwa setan tersebut dapat menguasai manusia karena dosa-dosa yang dilakukan, namun ketika manusia melakukan hal-hal yang baik dan beramal saleh maka mereka akan takut dan dengan sendirinya akan meninggalkan manusia.

Setan Takut Dan Lari Oleh Sebagian Hamba Allah
           Apabia seseorang betul-betul memegang ajaran agamanya dengan benar serta menancapkan keimanannya dengan tangguh, maka setan pun akan takut dan lari, ha; ini misalnya terjadi pada diri Umar Bin Khatab dalam sebuah hadits riwayat Imam Turmudzi bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Umar, " Sesungguhnya setan sangat takut olehmu, wahai Umar" (H.R Turmudzi). bukan hanya kepada Umar , akan tetapi setan pun akan takut oleh orang-orang yang beriman dan betul-betul dengan keimanannya . "sesungguhnya orang mukmim akan dapat mengendalikan (mengalahkan) Syaithannya sebagaimana salah  seorang dari kalian  yang dapat mengendalikan untanya ketika berpergian" (H.R Ahmad). bahkan apabila seseorang betul-betul terus menerus dan saleh , ia dapat membawa qarinnya disebelah kirinya dan Malaikat disebelah kanannya.

Jin Takluk dan Taat kepada Nabi Sulaiman AS.
           Diantara mukjizat nabi Sulaiman adalah dapat menaklukan jin dan syaiton dan mereka semua bekerja atas perintahnya hal ini di tegaskan sebagaimana dalam ayat Al-Qur'an berikut ini "Kemudian kami tundukan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut kemana saja yang di kehendakinya, dan (Kami tundukan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu" (Q.S Shad: 36-38).

Jin/Setan tidka dapat menyerupai Rasulullah SAW
         Setan dan Jin tidak dapat menyerupai bentuk dan wajah dari Rasulullah SAW, oleh karena itu apabila seseorang bermimpi melihat Rasulullah SAW maka ia sungguh telah melihatnya . dalam Hadits Sahih dikatakan Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa yang bermimpi melihatku, maka ia sungguh telah melihatku, karena setan tidak dapat menyerupaiku" (H.R Muslim).
Jin dan Setan tidak dapat melewati batas tertentu di langit
         Sekalipun jin dan setan mempunyai kelebihan dapat bergerak dengan cepat, akan tetapi mereka tidak dapat melewati batas-batas yang telah ditetapkan yang tidak dapat dilalui selain oleh para Malaikat, karena apabila mereka berani melewatinya maka mereka akan binasa dan hancur. Karena itu pula Jin tidak dapat mengetahui dan mencuri informasi dari langit sehingga apa yang dibisikannya ke tukang-tukang ramal dan dukun adalah kebohongan semata . "hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus(melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan " (Q.S Ar-Rahman : 33).
Jin tidak dapat membuka pintu yang sudah ditutup dengan menyebut nama Allah SWT
        Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda "Tutuplah pintu-pintu, dan sebutlah nama Allah (ketika menutupnya), karena setan tidka akan membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah . tutup juga tempat air minum dan bejana-bejana kalian sambil menyebut nama Allah, meskipun kalian hanya menyimpan sesuatu didalamnya dan (ketika hendak tidur), matikanlah lampu-lampu kalian" (H.R Muslim).