Masjid Agung Pelabuhanratu
Assalamualaikum wr,wb
      selamat datang rekan-rekan semua , melanjutkan dari postingan sebelumnya yang mengenai Alun-alun Pelabuhanratu, tidak afdol rasanya jika kita tidak membahas juga Masjid Agung Pelabuhanratu. sudah menjadi kebiasaan di Nusantara ini ketika dimana ada alun-alun maka di sekitar sana pula ada masjid agung dan kali ini saya akan membahas mengenai masjid agung Pelabuhanratu beserta sejarahnya.

Masjid Agung Pelabuhanratu terletak di kota Pelabuhanratu, kabupaten Sukabumi. dan masjid ini di bangun pertama kali yaitu pada tahun 1926 dan terletak di kelurahan Pelabuhanratu, kecamatan Pelabuhanratu kota, tepatnya berada di jalan Siliwangi Pelabuhanratu atau di sebelah barat Alun-Alun Pelabuhanratu. 

Lantai 3 Masjid Agung Pelabuhanratu

Masjid Agung Pelabuhanratu merupakan salah satu Masjid yang cukup besar dengan ukuran bangunan sekitar 26x26 m dan terdiri dari tiga lantai, di bagian depan samping kiri dan kanan masjid terdapat dua buah menara yang masing-masing tingginya berbeda, yang satu lebih tinggi dari kubah masjid an menara yang satunya lagi lebih rendah dari kubah masjid. Menara dan kubah masjid ini semua terbuat dari beton dan sebagian besar bangunan masjid di kelilingi oleh dinding yang terbuat dari kaca terutama terutama bagian belakang dan sisi kiri serta kanan dengan langit-langit masjid yang menjulang tinggi menjadikan masjid mempunyai suasana yang sejuk dan juga terang. sedangkan dari lantai atas masjid kita dapat melihat pemandangan yang menakjubkan yaitu hamparan Laut Teluk Pelabuhanratu yang luas.
Masjid Agung Pelabuhanratu ini dibangun pada zaman kolonial Belanda yaitu pada tahun 1926 yang menggunakan lahan dari hibah warga sekitar, yakni warga Pakauman (Nama kampung kaum zaman dulu). Bangunan ini dilengkapi dengan dua buah menara , Menara tinggi yang berada di sebelah kiri masjid mempunyai ketinggian 30 Meter dan masjid ini juga dilengkapi dengan 20 anak tangga yang bertujuan agar memudahkan penggunaan di ruangan lantai dua masjid.
Masjid Agung Pelabuhanratu tidak hanya ramai digunakan untuk tempat beribadah seperti sholat berjamaah, tetapi juga sering digunakan untuk acara-acara keagamaan. dan tentu dengan adanya Masjid Agung Pelabuhanratu juga membantu para wisatawan yang dari luar kota atau yang kebetulan lewat bisa singgah di Masjid Agung dulu untuk melaksanakan Ibadah Sholat ataupun untuk sekedar melepas lelah dan penat dari panasnya kota Pelabuhanratu.