Assalamu'alaikum,
Menjelang pergantian tahun baru tentu selalu identik dengan libur panjang, baik itu libur Sekolah, Kuliah hingga libur kerja. Momen ini tentu selalu dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berlibur, ada yang berlibur ke tempat-tempat wisata sekitaran daerah tempat tinggal, ada yang keluar kota untuk berburu wisata kuliner, wisata pantai, wisata alam termasuk wisata pendakian gunung.
nah berbicara mengenai wisata gunung, Jawa Barat adalah salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali destinasi gunung dan pegunungan, hal ini didukung oleh kodisi geografis Jawa Barat terutama dibagian tengah merupakan pegunungan yang merupakan bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur pulau jawa. termasuk diantaranya di daerah Purwakarta ada sebuah gunung yang tidak terlalu menjulang tinggi dalam hal ketinggian, namun memiliki pesona keindahan yang tidak kalah dengan gunung-gunung lain.

Puncak Gunung Bongkok watu tumpang dengan pemandangan Gunung Parang diseberang, Gunung Lembu dan Waduk Jatiluhur dari kejauhan.
Gunung Bongkok memiliki ketinggian hanya 975MDPL, namun jangan anggap remeh gunung yang satu ini, karena jalur pendakian yang terbilang menguras tenaga. 
untuk awal-awal pendakian, medan yang dilewati masih terbilang cukup biasa-biasa saja dan kontur tanah masih terbilang cukup datar, mulai dari tempat parkir, pos pendaftaran hingga memasuki perkebunan bambu yang cukup rindang sehingga cahaya matahari pun seakan sulit menembus lebatnya pohon bambu yang menghiasi sepanjang jalur pendakian awal gunung bongkok.
Awal-awal jalur pendakian dihiasi oleh rimbunnya pepohonan bambu
setelah melewati rimbunnya pepohonan bambu, trek pendakian pun mulai menanjak dan bahkan semakin ke atas jalur yang dilalui semakin menantang dengan kemiringan yang semakin menyulitkan kaki untuk melangkah sehingga mesti menggunakan bantuan tali agar memudahkan untuk melangkah.
semakin keatas trek yang dilewati semakin menantang
sebagai informasi tambahan, bahwa gunung bongkok ini memiliki 2 puncak, yang pertama puncak datar, dan yang kedua puncak watu tumpang atau titik tertinggi gunung bongkok. untuk puncak datar sendiri memiliki area yang cukup luas dan sering digunakan untuk nge-camp. namun kita pun harus berhati-hati karena puncak datar ini menghadap langsung dengan jurang, dan dari puncak datar ini kita bisa melihat dengan jelas gagahnya gunung parang diseberang gunung bongkok. dan di puncak datar juga terdapat hewan monyet yang jumlahnya cukup banyak.
puncak datar gunung bongkok yang berhadapan langsung dengan jurang dan gunung parang diseberang
lalu untuk puncak selanjutnya ada puncak tertinggi atau biasa disebut sebagai puncak watu tumpang. ciri khas dari puncak watu tumpang ini adalah terdapat bebatuan dengan ukuran besar dan dari puncak ini kita bisa melihat ke seantero penjuru yang terdapat disana, mulai dari gunung parang, gunung lembu, waduk jatiluhur dan pemukiman warga terlihat dengan jelas dari atas puncak.
puncak tertinggi gunung bongkok
demikian ulasan singkat mengenai jalur hiking gunung bongkok, semoga bisa menjadi inspirasi untuk  memilih destinasi wisata yang murah namun dengan keindahan yang mempesona.