Suasana Sore di Caffe Senja

    Bagi warga kota Bandung, pilihan tempat makanan favorit yang pas untuk melepas lelah dan penat masih di dominasi oleh daerah atas, karena selain menikmati menu makanan yang tersedia, juga sekaligus menikmati pemandangan kota bandung dari ketinggian, dan jika sudah senja menjelang malam, pemandangan menakjubkan lainnya akan tersaji yakni dengan citylight yang menghampar di seantero kota Bandung.

    Jika membahas tentang tempat makan di daerah atas bandung, tentu jawaban mayoritas dari warga bandung masih mengarah ke cartil, bukit moko, punclut ataupun daerah dago atas, padahal di bagian belahan bandung timur juga terdapat tempat yang tak kalah keren dan menakjubkan terutama dalam hal menikmati pemandangan kota bandung dari kejauhan, tempat itu beranama cafe senja

Suaasana Malam di Caffe Senja Source : https://domestik.co.id/rekomendasi-cafe-di-bandung/2713/

    Cafe Senja berada di Jl. Jatihandap, Mandalamekar, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. untuk lokasinya sendiri berada di ketinggian yang mampu menjangkau daerah Kota Bandung, khususnya daerah bandung timur secara keseluruhan.
    untuk rutenya sendiri, bagi yang bertempat tinggal di kota Bandung, bisa dengan menyusuri jalan yang mengarah ke terminal ci caheum, kalau dari daerah pasteur, gasibu, cikutra dan sekitarnya, tinggal mengikuti jalan surapati, lalu ke PH. H Mustoffa, hingga sampai ke terminal Cicaheum yang di gunakan sebagai patokan utama, untuk patokan lebih jelasnya bisa lihat maps di bawah ini



    Setelah sampai di terminal cicaheum, kalian tinggal maju sedikit ke arah ujung berung, dan di sebelah kiri ada pertigaan, yakni jalan jatihandap, lalu dilanjutkan dengan menyusuri sepanjang jalan jatihandap hingga nanti sampai ke daerah pertigaan, seperti gambar di bawah ini. 
Pertigaan Jalan Ke arah Caffe Senja

    Dari pertigaan ini kita tinggal ikuti jalan sesuai tanda panah, yakni ke arah atas, karena hanya jalan satu-satunya yang di lalui, jadi tenang saja kita tidak akan mungkin tersasar. setelah mengikuti jalan sesuai tanda panah, kita akan sampai di caffe senja, dengan patokan ada tempat untuk parkir di sebelah kanan, dan tempat cafe senja itu sendiri ada di sebelah kiri, lebih jelasnya silakan di lihat di foto di bawah ini. 

Tanda biru tempat parkir, tanda merah tempat caffe senja

    Tanda panah merah adalah caffe senja, dan tanda panah biru adalah tempat parkir khusus untuk motor.
dan ketika kita akan ke caffe senja, ada beberapa hal yang mesti di perhatikan, yang pertama adalah kondisi motor harus prima, sehat, dalam artian tenaga masih aman, juga untuk rem dan lainnya. karena untuk ke cafe senja kita akan melewati jalur yang konturnya di dominasi oleh tanjakan, mulai dari tanjakan yang porsi sedang hingga curam, dan ini semua akan sangat merepotkan jika kondisi motor sedang jelek. yang kedua, tentu adalah dari segi pakaian yang di kenakan, jika kita ke cafe senja di siang menjelang sore dengan pakaian yang misal simple, kaos dan sejenisnya masih aman, tapi jika kita berniat untuk menikmati malam di cafe senja, disarankan untuk memakai pakaian yang sedikit tebal, bisa dengan tambahan sweater, jaket dan sejenisnya, karena jika sudah memasuki maghrib dan malam hari, cuaca di sana akan semakin dingin.

    Demikian ulasan singkat tentang caffe senja yang barangkali bisa di jadikan destinasi wisata kuliner sekaligus wisata alam untuk menikmati kota bandung dari ketinggian. Terima kasih.

Suasana malam hari di caffe senja